Tips Agar Presentasi Memuaskan dan Efektif





Melakukan presentasi secara efektif itu perlu dan jangan berbelit-belit karena presentasi itu hanya menampilkan poin-poin secara garis besar saja. Sehingga anda perlu persiapan yang matang demi kesuksesan presentasi. Pada saat berpresentasi anda dituntut untuk memaksimalkan keterampilan berbicara anda dengan baik dan benar.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips dan trik agar presentasi anda menjadi efektif, memuaskan dan berjalan lancar. Dimulai dari persiapan anda hingga saat melakukan presentasi.  

Persiapkan materi

            Baik dimulai dari materi presentasi. Jika mengharuskan membuat powerpoint maka ciptakanlah slide yang memuat tulisan yang ringkas. Kemudian Anda mencoba menjelaskan dari tulisan ringkas tersebut menjadi penjelasan yang kompleks. Karena jika anda membuat tulisan yang bertele-tele dislide anda, terlihat lebih membosankan yang membuat seakan audiens hanya mendengarkan apa yang anda bacakan dari materi presentasi Anda. Perlu diperhatikan juga agar tidak membuat materi presentasi secara mendadak atau mepet dengan hari H. Karena ini merupakan kesiapan anda dalam mempresentasikan materi.

Senangi presentasi anda

          Dalam presentasi selain anda menarik perhatian audiens, anda jangan sampai memiliki pemikiran “Bagaimana jika presentasi ini tidak menarik, bagaimana jika mereka tidak suka penampaian saya ? dan lain-lain” Ini presentasi anda bung, pertama anda harus menyukai cara anda sendiri, menyukai materi anda sendiri. Karena jika anda menyampaikan materi dengan menyenangkan, maka secara otomatis audiens juga akan merasakan hal yang sama, begitu sebaliknya.

Persiapkan diri anda.

       Persiapan diri, Apa yang perlu dipersiapkan ? Usahakan ketika akan berpresentasi jangan begadang. Karena jika presentasi itu penting anda akan kehilangan segalanya. Begitu akan terjadi kurang fokus terhadap diri anda ketika menyampaikan materi presentasi. Coba untuk istirahat yang cukup. Terkadang kecapekan begadang juga membuat diri anda menjadi sering lupa akan materi. Perhatikan juga mengenakan pakaian yang sesuai dengan audiens, bedakan acara formal dan acara non-formal.

Pembukaan presentasi yang menarik dan jangan gugup

         Ketika memulai presentasi adalah momen yang harus anda ciptakan terkesan menarik audiens agar terkesan dengan anda. Sebelum presentasi anda harus mengenali audiens, karena untuk memberikan sapaan yang menarik dan membuat semangat audiens meningkat. Pertama hindari gugup, karena jika anda gugup akan merusak presentasi anda. Kedua, tetaplah percaya diri, karena disini anda yang tahu materi jadi sampaikan saja yang anda pelajari sebelumnya jangan takut.

Tetap rileks

         Nah.. Apalagi sesudah pembukaan, anda harus tetap rileks. Ingat presentasi bukanlah pertempuran sehingga anda jangan terlalu tegang di sana. Di sini anda yang tahu materi yang anda sampaikan, tetapi apabila kita lupa materi, cukup sampaikan secara garis besar saja ya. Hindari kalimat yang bertele-tele, hilangkan kebiasaan mengucapkan “eee…” ketika anda lupa, anda cukupkan slide nya saja atau langsung geser ke slide berikutnya. Karena, saya yakin jika anda melakukan persiapan yang matang anda tidak akan lupa materi banyak hehe.

Perhatikan jeda berbicara dan intonasi suara

          Sangat penting ketika menyampaikan presentasi untuk menjaga dan tahu kapan berhenti atau jeda dari kalimat yang anda ucapkan. Sehingga tidak terkesan terlalu terburu-buru. Anda akan terlihat hebat jika memberikan waktu untuk audiens mencerna dari apa yang anda bicarakan. Terlebih lagi, jika yang anda sampaikan lucu atau menarik. Secara otomatis audiens akan tertawa, atau tepuk tangan maka anda juga perlu memberikan waktu mereka, jangan langsung anda potong untuk terus berbicara.

Ekspresi wajah

           Oh iya, penting juga untuk ekspresi atau mimik wajah. Bisa anda bayangkan ketika anda menjadi audiens, dan melihat si pemateri berekspresi datar ? ya terlihat membosankan bukan ? Baik disini juga perlu anda perhitungkan untuk menggunakan ekspresi wajah yang pas. Mencoba berbicara sesuai kalimat yang anda sampaikan, ketika uangkapan sedih, ketika ungkapan marah, dan lain sebagainya.

          Demikian tips agar anda dapat berpresentasi secara efektif. Tetaplah berlatih di rumah, contohnya seperti berbicara di depan kaca, mencoba merekam cara anda berpresentasi dan coba minta penilaian, pendapat orang lain terhadap cara penyampaian yang anda lakukan. Ingat penilaian tidak harus hal-hal yang baik saja, kita juga harus menerima penilaian meskipun itu kurang mengenakkan hati, terutama agar kita dapat berkembang semakin baik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours