Suku di Indonesia Yang Memiliki Kekuatan Sihir

sumber: pinterest.com

Indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki beribu pulau. Tentu juga memiliki banyak suku di berbagai daerahnya. Di Indonesia meskipun sudah banyak sekali bangunan-bangunan beton di daerah perkotaan, dan seiring bertumbuh pesatnya berbagai macam teknologi informasi, di beberapa pelosok negeri ini masih terdapat kendala belum bisa mengakses teknologi informasi bahkan listrik pun masih jarang. Mungkin ini adalah satu penyebab modernisasi di Indonesia belum dapat dikatakan menyeluruh sampai pelosok negeri.

            Meskipun sudah ke masa transisi modern, kepercayaan terhadap hal-hal mistis, ilmu sihir, dan lain-lain di Indonesia masih ada yang mempercayainya. Karena beberapa suku-suku di Indonesia masih kental dan tetap menjalankan tradisi-tradisi lokal yang memiliki aura mistis. Dan menurut Anda daerah mana saja yang masih kuat terhadap kepercayaan magis ?

1. Suku Dayak, Kalimantan Timur.

Sumber : 99.co

            Dimulai dari suku Dayak, Kalimantan Timur. Suku ini sangat terkenal dengan aura magis yang sangat kental di Indonesia. Dan, magisnya diakui sangat berbahaya. Jika mendengar suku Dayak, tidak asing kita dengan ilmu mistis yang bernama Mandau terbang. Mandau ini menurut suku Dayak terbang dikirim untuk melindungi orang yang dianggap teman, saudara, dan keluarga. Dan Mandau ini dikendalikan dari jarak jauh. Jika dibayangkan dengan logika manusia saja sudah ngeri, karena Mandau nya bisa mengenali mana musuh dan mana kawan.

2. Suku Batak, Sumatera Utara.

Sumber : urbanasia.com

            Suku batak dari Sumatera Utara. Di suku Batak mereka juga memiliki kemampuan atau senjata terhadap musuh atau yang tidak disukainya. Yaitu mereka yang akrab dengan Begu Ganjang. Apa itu ?  Mahkluk halus yang berbentuk mirip dengan orang, tetapi kaki dan tangannya sangat panjang. Mahkluk halus ini biasanya dipiara oleh Par Begu Ganjang. Mahkluk halus ini sangat berbahaya konon kepercayaan mereka mahkluk halus ini dapat mencabut nyawa siapapun yang melihatnya. Par Begu Panjang biasanya mengirim mahkluk ini kepada orang yang tidak mereka sukai, dengan dalih membuat mereka hilang dari dunia ini.

3. Suku Asmat, Papua.

Sumber : tarukoden.blogspot.com

            Berpindah ke Indonesia bagian timur yaitu suku Asmat dari Papua. Suku Asmat sangat menghormati leluhur mereka. Suku Asmat tinggal di pedalaman hutan dengan memakai busana yang dipercayai sebagai bentuk penghormatan. Mereka memiliki pantangan jangan sampai merusak alam, karena bagi mereka merusak alam berarti merusak tempat tinggal dewa mereka. Dan jangan sampai membuat mereka tersinggung, karena suku ini dipercaya dapat mengirimkan sakit misterius, kecelakaan, miskin mendadak dan banyak hal lain yang tidak diduga-duga.

4. Suku Badui, Banten.

Sumber : pegipegi.com

            Suku Badui berkediaman di pedalaman daerah Kabupaten Lebak Banten. Mereka memiliki sifat tertutup bagi pendatan dan menolak inovasi teknologi informasi atau modernisasi. Karena bagi mereka tetap menjaga ketradisionalan dan menyatu dengan alam. Kemampuan suku Badui dikenal dengan kemampuan meramal, pellet, santet, ilmu kebal senjata. Masyarakat adat suku Badui juga harus mematuhi adat istiadat mereka jika tidak ingin kena batunya. Contohnya, jika salah seorang diantara mereka ingin berpergian harus dengan jalan kaki, jika mereka diam-diam menggunakan kendaraan, maka mereka bakal kena sakit misterius.

5. Suku Osing, Banyuwangi.

Sumber : lokadata.id

          Suku Osing dari Banyuwangi. Pasti tidak asing mendengar “Orang jawa yang dikenal membunuh tanpa harus menyentuh”. Ya di daerah Banyuwangi tepatnya sebagai tempat dukun santet tersakit. Pernah terjadi santet secara masal pada tahun 1998, orang-orang itu ada yang dibunuh secara sadis (dipenggal hingga diarak keliling kota). Ilmu santet yang digunakan untuk balas dendam hingga si target atau musuh meninggal dunia disebut santet merah, membuat orang lain menjadi suka disebut santet kuning, dan melancarkan usaha disebut santet putih.

Demikian rangkuman beberapa suku di Indonesia yang memiliki ilmu sihir yang luar biasa.

 

 

Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours