Pengertian dan Konsep Besaran, Satuan, Dimensi Fisika Kelas X SMA



Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam angka, seperti panjang, kualitas, waktu, dll. Besaran dibagi menjadi dua bagian, yaitu besaran utama dan besaran turunan.

Besaran Pokok - Mengacu pada kuantitas yang bukan berasal dari besaran lain, dan satuannya telah ditentukan secara internasional. Dalam SI (Sistem Internasional) terdapat tujuh besaran utama.

Besaran Pokok

Satuan

Singkatan

Panjang

meter

m

Massa

kilogram

kg

Waktu

sekon

s

Kuat Arus Listrik

ampere

a

Suhu

kelvin

k

Jumlah Zat

mole

mol

Intensitas Cahaya

candela

cd

 

Besaran Turunan - Mengacu pada kuantitas yang bukan berasal dari besaran lain, dan satuannya telah ditentukan secara internasional. Dalam SI (Sistem Internasional) terdapat tujuh besaran utama. Contohnya luas, volume, kecepatan, gaya, usaha, energi, tekanan, percepatan.

Besaran Turunan

Satuan

Dimensi

Luas (A)

m2

[L]2

Volume (V)

m3

[L]3

Kecepatan (v)

m/s

[LT-1]

Percepatan (α)

m/s2

[LT-2]

Gaya (F)

N = kg m/s2

[MLT-2]

Usaha (W)

Joule = kg m2/s2

[ML2T-2]

Massa Jenis (ρ)

kg/m3

[ML-3]

Tekanan (p)

kg/ms2

[ML-1T-2]

Daya (P)

watt = kg m2/s3

[ML2T-3]

 

Konsep Satuan, satuan adalah Referensi atau kuantitas perbandingan. Ada dua jenis satuan yaitu satuan MKS (meter-kilogram detik) dan satuan CGS (cm-gram detik). Satuan dasar termasuk meter, kilogram, detik, Kelvin, ampere, candela dan mol didefinisikan sebagai Sistem Satuan Internasional (SI).

 

Saat menemukan jumlah dengan nilai yang terlalu besar atau terlalu kecil (misalnya, 0,0000001 atau 1.000.000), Quipperian dapat mengonversinya menjadi pengganda, seperti yang diperlihatkan dalam tabel berikut.

Faktor Pengali

Nama Awalan

Lambang

10-15

Femto

f

10-12

Piko

p

10-9

Nano

N

10-6

Mikro

µ

10-3

Mili

m

103

Kilo

k

106

Mega

M

109

Giga

G

1012

Tera

T

 

Konsep Dimensi - Dimensi adalah salah satu bentuk besaran tulisan yang menggunakan simbol besaran utama. Tuliskan simbol kepala sekolah dalam tanda kurung utama, misalnya sebagai berikut.

1. Kecepatan


2. Percepatan


Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours