Macam-macam Penyerbukan dan Contohnya Pada Tumbuhan



Penyerbukan adalah proses pembuahan reproduksi tanaman. Dalam proses menjatuhkan serbuk sari ke permukaan benang sari suatu tumbuhan, ada banyak jenis penyerbukan. Tumbuhan juga merupakan makhluk hidup, dan semua makhluk hidup memiliki tujuan utama yang sama, yaitu menyampaikan informasi genetiknya kepada generasi berikutnya melalui reproduksi.

Agar benih dapat menghasilkan keturunan, mereka harus melalui proses yang disebut penyerbukan. Tanaman berbunga menghasilkan biji, yang membawa informasi genetik dari induknya dan kemudian berkembang menjadi tanaman baru. Penyerbukan terjadi ketika serbuk sari antera (bagian jantan dari bunga) dipindahkan ke bagian betina dari bunga (disebut putik).

Jenis penyerbukan diklasifikasikan menurut sumber serbuk sari dan menurut serbuk sari pada bunga tanaman sejenis lainnya. Tidak hanya itu, jenis penyerbukan juga dapat dibedakan berdasarkan medianya, yang dapat dicapai oleh komponen biotik (seperti angin atau air).

Selain itu dapat pula dibantu oleh komponen biotik organisme, seperti hewan atau manusia. Nah, bagi penikmat atau pecinta keindahan bunga dan pemerhati tumbuhan pasti sudah tidak asing lagi dengan segala macam penyerbukan.

Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari

1. Penyerbukan Autogami (Sendiri)

Jenis penyerbukan ini terjadi ketika serbuk sari dari kepala sari jatuh langsung ke kepala putik bunga yang sama. Berbagai penyerbukan cukup cepat dan sederhana. Tetapi hal ini menyebabkan penurunan keragaman genetik, karena sperma dan telur dalam bunga yang sama berbagi informasi genetik.

2. Penyerbukan Geitonogami (Tetangga)

Jenis penyerbukan tanaman lainnya disebut penyerbukan tetangga atau geitonogami. Karena serbuk sari berasal dari bunga lain. Artinya serbuk sari jatuh pada kepala putik bunga lain, tetapi bunga tersebut masih berada di dalam tumbuhan itu sendiri.

Ketika bunga jantan dan betina pada tanaman tidak dalam bunga yang sama, terjadi penyerbukan yang berdekatan. Oleh karena itu, diperlukan dua bunga dalam satu tanaman untuk proses penyerbukan. Contoh tumbuhan yang mengalami penyerbukan silang antara lain padi, jagung, kelapa, kelapa sawit, mawar merah, mawar putih, dll.

3. Penyerbukan Hybridogamy (Bastar)

Penyerbukan bastar, juga disebut hibridisasi, adalah jenis penyerbukan di mana serbuk sari berasal dari bunga lain di tanaman lain dengan jenis berbeda atau setidaknya satu karakteristik berbeda. Dalam proses ini, serbuk sari jatuh ke stigma bunga lain dari varietas yang berbeda. Biasanya penyerbukan bastar akan menghasilkan varietas dan spesies baru. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya bastar adalah mawar merah dan putih, bunga lili kuning dan merah muda, jambu biji merah dan jambu biji putih.

4. Penyerbukan Alogami (Silang)

Suatu bentuk penyerbukan silang di mana serbuk sari berasal dari bunga lain yang sejenis di tumbuhan lain. Artinya serbuk sari jatuh pada kepala putik bunga lain yang berbeda dari tumbuhan tetapi masih tergolong spesies yang sama. Jenis penyerbukan ini sering disebut hibridisasi atau hibridisasi. Karena kombinasi dari kedua ciri tanaman induk, penyerbukan silang biasanya menghasilkan keturunan yang bervariasi. Contoh tumbuhan yang mengalami penyerbukan silang antara lain Merlinho, Frangipani, Pinus, Mawar dan sejenisnya. Umumnya semua tumbuhan dapat diserbuki, terutama dengan bantuan manusia.

Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

1. Penyerbukan Anemogami (Melalui Bantuan Angin)

Penyerbukan dengan bantuan angin disebut juga pernikahan sesama jenis atau heteroseksualitas. Akibat tiupan angin, penyerbukan semacam ini dapat terjadi pada tumbuhan bunga. Proses penyerbukan ini terjadi saat angin meniup serbuk sari menjauh dari batang sehingga bisa masuk ke putik. Penyerbukan dengan bantuan angin biasanya terjadi pada bunga dengan tajuk kecil dan warna yang tidak mencolok.

Selain itu, bunga pada jenis penyerbukan ini biasanya tidak memiliki kelenjar madu (nektar), serbuk sari ringan, putik besar, batang panjang dan serbuk sari yang banyak. Tanaman yang diserbuki dengan bantuan angin antara lain kelapa, rerumputan, jagung, padi, kelapa sawit, dll.

2. Penyerbukan Antropogami (Melalui bantuan manusia)

Penyerbukan dengan bantuan manusia disebut juga dengan kebiasaan manusia atau antropogami. Karena intervensi manual, penyerbukan seperti itu dapat terjadi pada tanaman bunga. Tanpa bantuan manusia, beberapa tumbuhan tidak boleh mengalami penyerbukan.

Ciri khas tanaman ini adalah serbuk sari dan kepala putiknya tidak dalam satu bunga, dan serbuk sari sulit rontok. Contoh tanaman untuk penyerbukan yang dibantu manusia antara lain salak, vanilla, semangka, buah naga dan sejenisnya. Demikianlah Penjelasan, Pengertian, Ciri dan Contoh Aneka Jenis Penyerbukan Bunga Berdasarkan Asal Usul Serbuk Sari dan Berdasarkan Penyerbuk.

3. Penyerbukan Zoidiogami (Melalui bantuan hewan)

Penyerbukan yang dilakukan dengan bantuan hewan juga dikenal sebagai serangga fagositik atau belang. Dengan bantuan hewan seperti kupu-kupu, lebah, kelelawar, siput, burung atau serangga lainnya, penyerbukan semacam ini dapat terjadi pada tumbuhan bunga. Penyerbukan dengan bantuan hewan biasanya terjadi pada tanaman dengan bunga yang menarik.

Bunganya bercirikan mahkota besar, warna mahkota mencolok dan berwarna-warni. Selain itu, bunga ini biasanya memiliki bunga yang harum dan kelenjar madu (nektar). Penyerbukan dengan bantuan hewan adalah salah satu jenis penyerbukan yang paling umum. Tanaman yang diserbuki dengan bantuan hewan antara lain mawar, melati, kenangan, sepatu, dll.

4. Penyerbukan Hidrogami (Melalui bantuan air)

Penyerbukan dengan cara air disebut juga sebagai hidrogami atau hidrofili. Karena aksi air, penyerbukan ini dapat terjadi pada bunga tanaman, menyebabkan serbuk sari jatuh ke kepala putik. Proses penyerbukan bisa disebabkan oleh perendaman bunga tanaman di dalam air, atau oleh hujan atau percikan lainnya.

Hal ini menyebabkan serbuk sari berjatuhan dan mendekati kepala putik. Bunga yang mengalami penyerbukan semacam ini tidak memiliki ciri khusus. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan air antara lain ganggang, ular air dan sejenisnya.

Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours