Cara Mengatasi Sariawan Dengan Obat Alami Cepat Sembuh dan Ampuh


 

Pasti kita pernah mengalami atau saat ini anda sedang sariawan di mulut kemudian sedang mencari caranya agar sariawan ini cepat menghilang. Karena memang tidak nyaman ketika kita ingin makan, lama tidak minum, bangun tidur sariawan ini akan terasa perih. Tetapi perlu kita ketahui bahwa sariawan adalah penyakit tidak menular, dan sebenarnya dapat hilang dalam beberapa hari atau minggu.

Sariawan biasanya muncul di bagian dalam pipi, permukaan gusi, bibir dan lidah. Penyakit sariawan yang muncul salah satunya karena kerusakan pada selaput lender di rongga mulut. Hal lain yang menjadi penyebab sariawan seperti efek samping mengkonsumsi obat tertentu, cedera pada lapisan dalam mulut karena tergigit, makan makanan yang terlalu pedas dan minyak dan lain-lain.

Beberapa hal ini yang bisa anda coba di rumah dengan obat-obat alami :

1. Madu

Bagaimana cara kerja madu ini ? Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang baik untuk membantu menyembuhkan sariawan. Caranya dengan madu dioleskan ke luka sariawan sebanyak 3- 4 kali sehari sampai sariawan sembuh. Madu yang digunakan ini adalah madu murni yang tanpa melewati proses pasteurisasi.

2. Air Garam

Nah, biasanya kalo orang tua dahulu kalau sedang sariawan akan berkumur dengan air garam. Karena air garam efektif mengurangi peradangan, rasa nyeri, dan tentunya mempercepat proses penyembuhan penyakit sariawan. Anda bisa mencobanya di rumah dengan menyiapkan ½ cangkir air hangat, kemudian tuangkan 1 sendok teh garam, kemudian aduk. Setelah itu gunakan untuk berkumur selama 15 – 30 detik.

3. Buah dan sayuran

Bisa jadi munculnya penyakit sariawan karena anda kurang mengkonsumsi buah-buahan sehingga kurangnya kebutuhan nutrisi vitamin B, vitamin c, zinc, dan zat besi. Maka coba konsumsi secara rutin sayuran dan buah-buahan.

4. Teh chamomile

Teh chamomile bisa anda jadikan sebagai obat alami sariawan. Dengan meminum teh chamomile akan membantu mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan peradangan pada luka sariawan.

Selain itu perlu kita ketahui bahwa harus menghindari beberapa pantangan yang harus dilakukan agar sariawan tidak terlalu lama mengganggu anda atau sariawan menjadi semakin parah.

- Berhenti merokok sementara,

- Jangan sentuh sariawan karena memungkinkan terjadinya infeksi

- Menghindari makanan asam, asin dan pedas, karena memungkinkan terjadi iritasi dan menambah rasa perih.

- Kurangi dulu minuman manis dan berkafein, seperti kopi, minuman bersoda dan beralkohol

Sekian semoga tips dan trik ini membantu anda dalam menghadapi sariawan.

Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours