10 Kerajaan Islam di Indonesia dan Sejarah Singkat


Mengulas tentang salah satu terbentuknya negara Indonesia. Pada jaman dahulu memang Indonesia belum ada, banyak sejarah diantaranya seperti nusantara, Hindia – Belanda dan lain-lain. Tentu juga bagian dari sejarah, kerajaan-kerajaan yang menyebarkan syiar Islam ke Nusantara.


 

1. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh Sultan Malik al-Shaleh pada tahun 1267. Kerajaan ini berdiri sejak 1267 – 1521. Dan raja pertama adalah Sultan Malik al-Shaleh sendiri. Kerajaan Samudera Pasai berada di Lhoksumawe, Aceh Utara.

2. Kerajaan Demak

Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Fatah pada tahun 1478 Masehi. Letak geografisnya di Jawa daerah demak. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa. Yang pernah memimpin kerajaan diantaranya : Raden Fatah, Pati Unus, Sultan Trenggono, Sunan Prawata, dan Arya Penangsang.

3. Kerajaan Aceh Darussalam

Kerajaan Aceh Darussalam didirakan oleh Sultan Ibrahim pada tahun 1514 Masehi. Wilayah Aceh Darussalam sekarang ini disebut dengan Aceh Besar. Kerajaan Aceh Darussalam berjaya pada saat kepemimpinan dari Sultan Iskandar Muda tahun 1607 – 1636 Masehi.

4. Kerajaan Islam Banjar

Kerajaan Islam Banjar didirikan oleh Raden Samudra pada tahun 1520. Kerajaan ini merupakan kerajaan pertama di Kalimantan. Setelah Raden Samudra wafat tahta raja digantikan oleh Sultan Rahmatullah.

5. Kerajaan Mataram Islam

Kerajaan Mataram Islam berdiri sejak 1582 tepatnya di Kotagede, Yogyakarta. Jejak kemunculan kerajaan ini bersama kemunculan Kerajaan Mataram. Terdapat 6 raja yang pernah memimpin Kerajaan Mataram Islam. Kerajaan ini pernah dipuncak kejayaan dipimpin oleh Raden Mas Rangsang (Sultan Agung).

6. Kerajaan Pajang

Kerajaan Pajang didirikan oleh Jaka Tingkir pada tahun 1568 Masehi. Letak geografisnya di kelurahan Pajang, kota Surakarta. Kerajaan ini merupakan penerus dari kerajaan Demak. Dan masa kerajaan Pajang cukup singkat hanya 1548 – 1586.

7. Kerajaan Cirebon

Kerajaan ini dimulai oleh kepemimpinan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Didirkan pada tahun 1445 di Cirebon, Jawa Barat. Salah satu peninggalan kerajan Cirebon adalah Keraton Kesepuhan Cirebon atau Keraton Pakungwati.

8. Kerajaan Maluku

Kerajaan Maluku atau yang biasa disebut dengan Kesultanan Ternate didirikan pada tahun 1257 oleh Baab Mashur Malamo. Kerajaan ini didirikan dengan pengaruh di kawasan Timur Nusantara.

9. Kerajaan Gowa

Kerajaan Gowa berdiri pada 1300 – 1946. Raja pertamanya adalah Sultan Hasanuddin. Dan raja terakhirnya adalah Sultan Muhammad Abdul Kadir Aidudin.

10. Kerajaan Buton

Kerajaan Button menjadi Kerajaan Islam pada masa kepemimpinan dari Sultan Murhum Kaimudin Khalifatul Khamis (Raja Buton ke-6). Kerajaan button berada di Sulawesi Tenggara.

 

Sekian, itulah 10 kerajaan Islam di Nusantara. Dan masih adalagi kerjaan Islam lainnya, yang mungkin akan disambung di artikel lainnya.

Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours