Tutorial atau Cara Menghasilkan Uang Dari YouTube





Anda Pasti Banyak Melihat Orang Orang yang sukses menjadi selebriti melalui YouTube dan anda pasti tertarik ingin terjun juga di dunia Youtube, Iya kan? Kalo jawaban anda Tidak silahkan anda tinggalkan Artikel ini karena ini terlalu bermanfaat untuk anda yang tidak tertarik!, Jika Jawaban kamu IYA maka simaklah semua ulasan kami dibwah ini.

Berikut adalah 10 cara menghasilkan uang dari YouTube!

1. Membuat YouTube Channel


Langkah ini adalah langkah pertama yang tak boleh Anda lewatkan. Buatlah akun terlebih dahulu di YouTube jika Anda belum memilikinya. Coba login ke YouTube (Anda bisa menggunakan akun Google untuk masuk dan mendaftar, dibandingkan mengisi semua data form lagi dari awal). Lalu buatlah channel Anda. Pikirkan nama apa yang menarik bagi saluran YouTube Anda dan bagaimana konsep saluran Anda, bagaimana tema atau karakter channel Anda dibandingkan dengan channel atau saluran sejenis.


2. Monetisasi YouTube Channel



Coba login ke akun YouTube Anda, pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Akhirnya, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada.


3. Menyambungkan YouTube Channel ke AdSense


Setelah mengaktifkan monetisasi pada YouTube channel Anda, Anda perlu melakukan associate dan approved AdSense account Anda ke YouTube account Anda. Nantinya akan tersedia fitur YouTube Analytic yang dapat Anda gunakan untuk melakukan track penghasilan Anda, yang mana akan bisa terbayar hanya jika Anda melengkapi atau megikuti Youtube payment treshold yang ada.


4. Mengoptimalkan Fungsi Monetisasi pada YouTube Channel


Untuk mengoptimalkan YouTube channel Anda, beberapa kriteria berikut perlu Anda penuhi atau ikuti:

Riset kata kunci ( keyword ) yang memiliki cpc tinggi

Buat Judul yang menarik dengan keyword tersebut

Buat Thumbnail yang menarik perhatian mata

Video harus user-friendly

Maksud dari user friendly adalah video anda harus dibuat nyaman untuk ditonton oleh semua penonton anda.

5. Melakukan Conversion Rate ke Product Page


Jika Anda bertanggung jawab untuk suatu perusahaan atau bisnis tertentu, Anda dapat menjadikan saluran YouTube Anda sebagai suatu kesempatan untuk meningkatkan conversion rate Anda. Buatlah konten yang menunjukkan betapa bagus dan menariknya produk yang ingin ditonjolkan lewat soft promotion. Kemudian buatlah link pada product page Anda di kolom deskripsi YouTube video Anda. Hal ini kerap kali dilakukan para vlogger yang ingin menjual sesuatu secara halus. Contohnya, pada video podcast deddy corbuzier ada sebuah produk yang selalu ditaruh diatas mejanya nah itulah yang dimaksudkan


6. Menjual Video di Website Penjualan Video


Anda bisa juga menjual video Anda di website komersial yang memberikan sarana untuk Anda para video-maker untuk berjualan hasil karya Anda. Jadi, pada YouTube, Anda dapat mengupload tayangan berupa teaser dan mengarahkan penonton Anda untuk membayar jika ingin menonton versi lengkapnya.


7. Mengarahkan Traffic untuk Afiliasi Link


Affiliate marketing jelas merupakan peluang untuk menghasilkan uang secara online yang sangat populer. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar affiliate ini yang tidak mengemukakan bagaimana rincinya upaya yang diperlukan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Dibandingkan mengandalkan blog yang ada untuk mengarahkan orang ke affiliate link, cobalah membuat saluran YouTube yang keren dan menggunakannya sebagai katalis yang dapat mengarahkan ke affiliate link tadi. Seiring dengan perkembangan niche visual yang makin bertumbuh, di mana orang-orang mulai malas membaca teks yang panjang-panjang, Anda juga bisa mengembangkan bisnis Anda lebih pesat lagi.


8. Menarik Sponsorship


Jika Anda mengamati para YouTuber terkenal yang sukses di internet, Anda pasti tahu bahwa di hampir semua konten video YouTube mereka selalu ada unsur sponsorship dan advertisement. Dua aspek ini mereka manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube.


9. Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement


Nantinya, jika Anda sudah memiliki fanbase atau fans yang cukup banyak, Anda dapat mengadakan meeting dan greeting. Anda mungkin saja membuat jadwal yang rutin agar komunitas Anda bisa bertumbuh. Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan engangement Anda dengan para subscribers atau penonton setia Anda. Nantinya, Anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market Anda.


10. Berpikir Out of The Box


Anda perlu berpikir di luar kebiasaan jika Anda ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral. Berikut, kami akan memberikan contoh-contoh jenis video yang paling banyak ditonton oleh orang-orang dan dapat menghasilkan uang lebih dari YouTube.



Mengenal Istilah CPM dan RPM


Jika Anda serius atau sungguh-sungguh ingin menghasilkan uang dari akun YouTube yang Anda kelola, ini berarti Anda tak hanya butuh untuk mengetahui cara-caranya tetapi juga mengenal istilah-istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube Anda. Berikut kami akan memberikan definisi istilah-istilahnya!


Definisi CPM

CPM adalah singkatan dari Cost per Mille . Istilah ini diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Anda, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda yaitu:


Pendapatan= CPM x (total impresi/ 1000)


Jadi, kita membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Bingung menghitungnya? Jangan khawatir, kami akan memberikan contoh penghitungannya agar Anda dapat membayangkan berapa banyaknya uang yang Anda dapat hasilkan dari YouTube Anda dengan perumpamaan 1$ sejumlah 10.000 Rupiah:


1000 views/ $1 =kira-kira 10 ribu rupiah


10.000 views/ $10 = kira-kira 100 ribu rupiah


100.000 views/ $100 = kira-kira 1 juta rupiah


1.000.000 views/ $1000 = kira-kira10 juta rupiah


10.000.000 views/ $10,000 = kira-kira 100 juta rupiah


Jumlah uang yang dibayarkan juga dapat naik bila sedang hari raya semacam natal atau lebaran. Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions. Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Terakhir, bagi negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai native language, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.


Definisi RPM

RPM adalah singkatan dari Revenue per thousand impressions. Dalam hal ini, YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya adalah:


Pendapatan=Penghasilan÷Monetized playback video x 1000


Ketentuan Youtube Partnership – Update 2019



Youtube mengharuskan durasi total video selama 4.000 jam dan dengan 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir, ini ditujukan bagi suatu channel agar bisa masuk ke dalam YouTube Partner Program. Benefit yang didapat dengan tergabung dalam program ini adalah sebuah Channel dapat memasukkan link ke website di akhir video. Selain itu, channel tersebut dapat memasang iklannya di video mereka yang mana saja.


Kali ini cukup sekian dari saya jika ada salah itu berarti anda yang salah baca atau salah tangkap, wkwkwkwk


Share To:

sangkaisargaming

Post A Comment:

0 comments so far,add yours