Perbedaan dan ContohTumbuhan Dikotil dan Monokotil 




            Tumbuhan adalah salah satu mahkluk hidup ciptaan tuhan. Banyak sekali di dunia ini  tumbuh bermacam-macam tumbuhan. Diantaranya tumbuhan seperti pohon, sayur-sayuran, pohon berbuah, bunga teratai, kaktus dan lain-lain. Tetapi diantara tumbuhan-tumbuhan tersebut tentunya memiliki klasifikasi yaitu yang akan dibahas pada artikel ini adalah apa yang dimaksud dengan tumbuhan dikotil dan monokotil dengan menyebutkan ciri-cirinya, persamaan dan perbedaan dari tumbuhan tersebut.

            Dimulai dari Tumbuhan Monokotil secara mudah untuk diingat adalah tumbuhan ini memiliki biji tunggal tidak terbelah (hanya memiliki keping satu). Monokotil adalah kelompok dari tanaman berbunga. Sedangkan Tumbuhan Dikotil memiliki dan tumbuh dengan membelah biji berkeping 2.

            Akan kita bahas satu persatu dari perbedaan dua tumbuhan tersebut :

1. Daun

            Monokotil daunnya memiliki 2 sel kipas yang berfungsi membuka tutup pada daun. Selubung berkas pengangkut daun tumbuhan monokotil memiliki bentuk dari sklerenkim dengan pembuluh xylem tersusun dari dua metaxylem dan 2 protoxylem lebih sedikit daripada dikotil. Daun tumbuhan monokotil memiliki bentuk memanjang dengan tulang sejajar.

            Dikotil daunnya mempunyai pembuluh xylem lebih banyak daripada daun tumbuhan monokotil, tersusun dari metaxylem dan protoxylem. Kemudian jaringan dari mesofil tumbuhan dikotil terbagi menjadi palisade dan parenkim spons. Bagian selubung berkas terbentuk dari kolenkim. Untuk bentuk daun tumbuhan dikotil sendiri lebih melebar dan tulang menjari.

 

2. Bunga

            Monokotil bunga pada tumbuhan monokotil memiliki kelipatan tiga.  Pada bunga tumbuhan dikotil memiliki kelopak bunga dengan kelipatan lebih banyak yaitu antara 4 atau 5.

 

3. Batang

            Batang tumbuhan monokotil tidak tumbuh rambut pada bagian epidermis. Tidak terdapat pertumbuhan sekunder. Berkas pengangkut di batang tanaman monokotil dilindungi selubung berkas pengangkut. Tidak memiliki parenkim floem dan lapisan di bawah epidermis berupa sklerenkim di batang tumbuhan monokotil. Ukuran berkas pengangkut memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain.

            Batang tumbuhan dikotil tidak ada rongga berkas pengangkut. Tidak terdapat selubung berkas pengangkut, tetapi tumbuhan dikotil memiliki parenkim floem. Sedangkan untuk ukuran berkas pengangkut memiliki ukuran yang sama. Jaringan epidermis hanya berlapis tunggal dengan kultikultura tebal dan memiliki rambut.

4. Biji Tumbuhan

            Biji tumbuhan merupakan hal yang mudah diingat, yaitu tumbuhan monokotil memiliki satu kotiledon atau satu. Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki dua kotiledon atau berkeping dua. Karena saat tumbuh, tumbuhan dikotil tunasnya akan membelah biji menjadi dua.

            Beberapa contoh tumbuhan monokotil dan dikotil    

                1. Tumbuhan Monokotil

            a. Padi

            b. Tebu

            c. Jahe

            d. Jagung

            e. Kelapa

                    2. Tumbuhan Dikotil

            a. Terong-terongan

            b. Kacang

            c. Ubi

            d. Bunga matahari

            e. Jambu air, Jambu Biji.

            Begitulah perbedaan, ciri khas, dan sedikit penjelasan dari tumbuhan monokotil dan dikotil. Perlunya untuk menghemat catatan harian kita perlu mencatat setiap ciri dan perbedaan diantara kedua perbedaan tumbuhan tersebut.


Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours