Pengertian dan Ciri Dinamisme Beserta Contohnya




Apasih itu Dinamisme? Ciri-Cirinya Bagaimana? Ada Contohnya? Itukah pertanyaan kalian? jika iya maka akan dijawab oleh kami Tutorial Pendidikan dibawah ini. Silahkan kalian simak dan pelajari wahai murid rajin.


Pengertian Dinamisme

Pengertian Secara Umum

Secara umum dinamisme berasal dari bahasa yunani dunamos yang mempunyai arti kekuatan atau daya.

Kepercayaan dinamisme adalah kepercayaan yang menyakini bahwa semua benda-benda yang ada di dunia ini baik hidup atau mati mempunyai daya dan kekuatan ghaib.


Pengertian Menurut KBBI

Menurut KBBI dinamisme merupakan kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai tenaga atau kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup


Pengertian Menurut Para Ahli

Oxford English Dictionary

Dalam filsafat, dinamisme adalah sistem, teori, atau doktrin yang berusaha menjelaskan fenomena alam semesta oleh suatu kekuatan atau energi imanen.

Ensiklopedia Umum

Pengertian dinamisme adalah kepercayaan keagamaan primitif pada zaman sebelum kedatangan agama Hindu ke Indonesia.

Dinamisme juga disebut dengan istilah preanimisme, yang mengajarkan bahwa tiap-tiap benda atau makhluk mempunyai mana atau kekuatan gaib.


Ciri-ciri Dinamisme


Ciri-Ciri Kepercayaan Dinamisme antara lain:

Mempercayai bahwa benda dikeramatkan

Keyakinan bahwa benda mempunyai kekuatan yang melindungi pemiliknya

Dinamisme merupakan berasal dari kepercayaan primitif

Pertama kali muncul pada zaman megalitikum.


Contoh Dinamisme

Berikut adalah beberapa dari contoh dinamisme, sebagai berikut:

Tombak

Tombak atau lembing adalah senjata yang banyak ditemukan di seluruh peradaban dunia, terutama karena kemudahan pembuatannya dan biaya pembuatannya yang murah.

Keris

Keris adalah senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah.

Batu akik

Batu Akik adalah Sebuah mineral atau batu yang terbentuk secara alami dari hasil prosedur geologi yang unsurnya terdiri atas satu ataupun beberapa komponen kimiawi yang memiliki harga jual yang amat tinggi.

Jimat

Jimat, Azimat atau Tamimah adalah sejenis barang atau tulisan yang digantungkan pada tubuh, kendaraan, atau bangunan dan dianggap memiliki kesaktian untuk dapat melindungi pemiliknya, menangkal penyakit dan tolak bala.




Cukup sekian yang dapat disampaikan oleh Tutorial Pendidikan semoga bermanfaat bagi kalian dan semoga sukses dalam segala hal untuk kalian.

Share To:

sangkaisargaming

Post A Comment:

0 comments so far,add yours