Macam Perubahan Wujud Benda dan Contohnya

 

Perubahan wujud benda baik cair atau padat seringkali kita semua melihatnya. Seperti ketika kita melihat perubahan bentuk misalnya es batu yang mencair di minuman es teh. Bilamana pertama kali es batu keras kemudian bisa hilang dan bentuknya tidak seperti awal lagi. Mari kita ulas materi tentang macam perubahan wujud benda dan contoh-contohnya.

 



1. Mencair

            Pertama kita contohkan dari mencair yang pada awal artikel ini tadi telah sedikit disinggung. Mencair adalah proses perubahan wujud dari zat padat berubah menjadi zat cair. Contoh : Es batu yang mencair dan berubah menjadi air, lilin yang dipanaskan, coklat batang yang dipanaskan berubah menjadi cair. Benda cair memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya :

            a. Bentuk zat menyesuaikan dari tempat ketika zat ini diletakkan.

            b. Volume zat cair tetap.

            c. Memiliki gerak partikel terbatas.

            d. Susunan partikel kurang rapat dan kurang teratur.

2. Membeku

            Pada proses membeku adalah kebalikan dari proses yang pertama tadi yaitu proses mencair. Sehingga perubahan wujud membeku adalah peristiwa berubahnya dari cair menjadi padat. Contohnya, ketika memasukkan air satu gelas ke dalam freezer kemudian menjadi beku, lilin cair yang didiamkan akan menjadi beku dan berubah menjadi benda padat. Benda padat memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya :

            a. Bentuk dan volume benda padat tetap.

            b. Gaya tarik menarik antar partikel sangat kuat.

            c. Gerak antara partikel sangat terbatas.

            d. Susunan partikel cukup rapat dan teratur.

3. Mengembun

            Mengembun adalah kebalikan dari proses perubahawan wujud menguap. Sehingga mengembun adalah perubahan wujud dari gas menjadi cair. Contohnya, Gelas yang berisikan es teh kemudian dibagian luar gelas akan ada bitnik-bintik air, gelas yang ditutup dan diisi air hangat maka tutup gelas akan ada bintik-bintik air.

4. Menguap

            Dalam peristiwa ini menguap adalah perubahan wujud dari cair menjadi gas. Sehingga pada perubahan wujud ini zat cair memerlukan energi panas. Contohnya, Air direbus yang lama-kelamaan air akan menguap keatas dan habis berubah menjadi gas, parfum yang disemprotkan ke baju yang lama-kelamaan wanginya akan menghilang, bensin yang dibiarkan terbuka karena akan menguap dan menjadi gas sehingga bensin itu akan habis. Zat gas memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya :

            a. Bentuk dapat berubah sesuai wadah.

            b. Memiliki voliume yang berubah dan tidak tetap.

            c. Gaya tarik menarik antar partikel sangat lemah.

            d. Susunan partikel sangat longgar dan tidak teratur.

5. Mengkristal

            Peristiwa perubahan wujud dari zat yang berwujud gas menjadi padat. Contohnya, Air laut berubah menjadi butiran garam, es yang terdapat di dindin freezer lemari pendingin, uap di udara yang berubah menjadi salju.

6. Menyublim

            Menyublim adalah proses perubahwan wujud dari zat padat menjadi gas. Contohnya, Es kering yang dibiarkan di ruang terbuka akan menyublim berubah menjadi gas, kapur barus yang diletakkan di kamar mandi lama-kelamaan akan habis, pengharum.

           

Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours