Macam-macam Sumber Energi Listrik Beserta Penjelasannya


\



Listrik merupakan suatu sumber energi yang sangat penting dalam kehidupan manusia pada masa ini. Salah satu manfaat listrik adalah dapat menyalakan lampu, komputer, kulkas, kipas angin, dll.


Tanpa adanya listrik manusia akan kesulitan dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari. Bahkan energi listrik sudah merambah ke ranah transportasi mulai dari kereta api listrik, mobil listrik, dll. Berikut pembahasan mengenai sumber sumber energi listrik.


1. Panas Matahari



Matahari memiliki sumber energi yang sangat besar. Energi matahari berupa panas dan cahaya. Seiring perkembangan jaman energi matahari bisa diubah menjadi energi listrik.


Ada satu alat yang dapat merubah energi panas dan cahaya matahari ke energi listrik yaitu selsurya.


Sel surya akan menangkap energi matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik dan bisa disalurkan ke peralatan listrik di rumah.


2. Tenaga Angin



Angin dapat membuat energi listrik, yaitu dengan cara membuat kincir angin atau generator sehingga angin dapat memicu gerak kincir tersebut yang kemudian mengubahnya menjadi energi listrik.


Penggunaan energi listrik tenaga angin merupakan energi yang ramah lingkungan karena tiidak menghasilkan limbah.


3. Tenaga Air



Pembangkit listrik tenaga air banyak digunakan di Indonesia , contohnya yaitu waduk jatiluhur, waduk cirata, waduk saguling, dll.


Cara kerja pembangkit listrik tenaga air ini yaitu gaya gravitasi mengakibatkan air jatuh kebawah, air yang jatuh ini memiliki energi potensial dan kinetik, energi itu diubah menjadi energi mekanik untuk menghasilkan listrik.


Energi listrik dari tenaga air ini juga termasuk ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah.


4. Bioenergi



Bioenergi adalah energi yang dihasilkan dari bahan organik (biomassa) mahkluk hidup.


Energi yang diperolerh dari bahan organik dapat diubah menjadi energi listrik dengan cara mengolah bahan organik (biomassa) menjadi bahan bakar nabati, misalnya etanol atau biodiesel.


5. Tenaga Nuklir



Energi listrik yang dihasilkan nuklir berasal dari panas yang dihasilkan oleh reaksi fisi nuklir. Panas yang dihasilkan oleh reaksi nuklir tersebut dimanfaatkan untuk menguapkan air pendingin.


Kemudian uap air tesebut dipakai untuk memutar turbin sehingga bisa menghasilkan energi gerak (kinetik). Selanjutnya energi gerak ini dipakai untuk menggerakan generator sehingga dapat menghasilkan arus listrik.


6. Uap Batubara



Sumber energi listrik ini berasal dari mesin turbin yang diputar oleh uap yang dihasilkan dengan cara membakar batubara.


Batubara adalah bahan bakar paling murah untuk pembangkit listrik karena ketersediannya melimpah sehingga harganya terjangkau.


Namun, harga yang murah tidak sebanding dengan limbah yang dihasilkan batubara yang bisa merusak lingkungan jika tidak dimanfaatkan dengan baik.


Cukup Sekian Dari Kami Tutorial Pendidikan Semoga Selalu dapat bermanfaat bagi anda semua.

Share To:

sangkaisargaming

Post A Comment:

0 comments so far,add yours