Cara Menambahkan Font di CorelDraw


 

Coreldraw biasa digunakan untuk membuat template desain poster, undangan, pamflet, logo, dan lain-lain. Di saat menggunakan salah satu software desain corel draw ini kurang lengkap jika hanya menggunakan font-font bawaan dari sistem operasi windows. Terbukti bahwa sebuah desain pastilah memiliki tulisan, dan font berperan dominan di sebuah desain.

Tidak perlu kawatir di artikel ini akan kita ulas bersama bagaimana cara menambahkan font ke corelDraw, Coreldraw yang saya gunakan di artikel ini merupakan versi X7.

Perlunya sebelum melakukan pemasangan font atau menambahkan font kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu :

            a. CorelDraw (Unduh Disini)

            b. Font, anda bisa mendownloadnya di

                        - Dafont

                        - 1001freefonts

                        - 1001fonts

                        - fontsquirrel

                        - fontspace

Langkah-langkah ini dipandu dengan gambar :

1. Di langkah pertama ini saya anggap kita sudah memiliki font yang akan dipasang. Saya contohkan. Saya mengunduh font dari dafont dengan nama “Sushi King”. Extract file font yang telah di unduh.


2. Buka Bitstream Font Navigator. Bisa and cari di Start > CorelDraw > Bitstream Font Navigator. Aplikasi ini ada secara otomatis ketika anda memasang coreldraw.

3. Mari kita mulai melakukan pemasangan font dengan cara mencari di mana letak font tadi. Dengan cara Klik “File > Find Fonts” . Disini saya memasang font “Sushi King”

4. Arahkan ke tempat anda menyimpan font, klik tanda centang pada kiri folder tempat anda menyimpan font. Kemudian klik OK. Tunggu beberapa saat untuk proses memindai font.

5. Setelah itu cari font tadi, font yang saya pasang tadi bernama “Sushi King” setelah itu, klik kiri > tekan terus geserkan ke kolom kanan (Installed Fonts).

6. Pastikan font anda telah terpasang. Lihat gambar.

Begitulah kira-kira cara yang begitu mudah. Sebenarnya cara ini dapat diringkas lagi, hanya membuka Bitstream Font Navigator lalu cari font anda. Setelah itu drag font tadi dari kolom kiri ke kolom kanan agar font terpasang. Jangan lupa cek terlebih dahulu font tadi di kolom kanan untuk memastikan apakah benar-benar font tersebut terpasang.

 



Share To:

Miko Smartblogger

Post A Comment:

0 comments so far,add yours